ASAL MUASAL BUMN STRANAS PERTAHANAN :
1. PT PINDAD : → Dari TNI AD..
2. PT PAL : → Dari TNI AL
3. PT DI : → Dari TNI AU / LIPNUR.
Tapi hari ini kenyataannya seperti yang Saya Sbp sampaikan diatas.
KENAPA BISA BEDA NASIB ?
Bukan soal “PIMPINAN” saja. Industri dirgantara itu paling berat dibanding darat & laut. Ini 5 penyebab utamanya :
I. TINGKAT KESULITAN TEKNOLOGI :
– Darat & Laut : Produk bisa dijual ke pasar umum, polisi, swasta. Siklus R&D 2-5 tahun.
– Dirgantara : Sertifikasi 10-15 tahun. 1 cacat = nyawa. Pasar terbatas & dikuasai 2 raksasa : Boeing – Airbus. Modalnya puluhan triliun.
II. KEBIJAKAN & KONTINUITAS PEMERINTAH :
– Pindad & PAL : Dapat order rutin dari TNI, Polri, proyek kapal niaga, ekspor.
– PT DI : Setelah N-250 dihentikan 1998, order pemerintah putus. Proyek R- 80, N-219 jalannya tersendat. Tidak ada “jaminan pasar” negara.
III. MODAL & DUKUNGAN FINANSIAL :
Bikin kapal & panser bisa dicicil. Bikin pesawat harus “all in” dulu baru sertifikasi. Kalau APBN tidak back-up penuh = mandeg.
IV. SDM & EKOSISTEM : Pindad & PAL punya rantai pasok lokal kuat. Dirgantara 70% komponen masih impor. Ekosistemnya belum sekuat dulu era Habibie.
V. KEPEMIMPINAN & AMANAH : Nah ini poin ke-5 dan ke-6 dari 7 Pilar Amanah yang saya Sbp tulis kemarin : Kompetensi + Keberanian Kebijakan. Pemimpin harus berani : “Order negara harus ke PT DI dulu” + “Kawal sampai sertifikasi”. Kalau tidak, ya stuck.
“HIDUP SEGAN MATI TAK MAU” : Kalimat ini sangat dalem. Artinya PT DI masih punya :
Aset SDM, Fasilitas, Nama Besar, dan Sejarah CN-235 yang laku di 32 negara.
Tinggal butuh KEPUTUSAN POLITIK & KEBERANIAN dari pemegang amanah.
RUMUSNYA :
PT DI MAJU = AMANAH AGAMA + AMANAH UANG RAKYAT + AMANAH KEBIJAKAN + AMANAH KOMPETENSI : Sama seperti rumus 7 pilar yang pernah Saya Sbp sampaikan.







